Thursday, July 30, 2009

Some Fee-for-Service Model Idea for Indonesian Mobilephone User

guys, kalo kita mengikuti perkembangan MobilePhone services di dunia, udah makin banyak aja model bisnis yang ada loh! Beberapa waktu lalu gw sempet tertarik dgn model bisnis ini dan browsing-browsing internet untuk mencari informasi lebih banyak.

Bwat gw sih, banyak konsep yang menarik terutama di negara Jepang. Mulai dari yg paling sederhana dan diperlukan seperti ramalan cuaca harian-dimana disana memang dibutuhkan dan seringkali tepat, sampai kepada pembelian menggunakan barcode reader!! Barcode reader sendiri merupakan metode pembelian menggunakan kamera di mobile phone yg digunakan untuk memotret suatu barcode yg biasanya ada di majalah, poster atau media cetak lain. Kita cukup memfoto barcode tersebut, langsung terjadi transaksi produk online dan barang akan diantar ke lokasi kita. Tentunya dengan dukungan online wallet dan data-data lain yah...

well, tentunya gak semua cocok diterapkan di Indonesia. Gw sempet berpikir, model apa yang sekiranya sesuai jika mau dibawa ke Indonesia. Berhubung gw suka jajan, dan meliht tren Wisata Kuliner yang ada di Indonesia saat ini, gw sempet terbesit ide yaitu...


Wisata Kuliner GuideMap di handphone!

Konsepnya secara singkat,jika kita berlangganan jasa ini,
pada saat kita berada dalam suatu lokasi, katakanlah sedang di daerah Tebet-Jakarta Selatan, kita cukup mengirimkan lokasi kita, kemudian kita akan dikirimkan daftar nama-nama restoran yg direkomendasikan beserta review singkat, misalkan:
- Bebek Ginyo
restoran yg menyajikan sajian berbahan dasar bebek ini....
- Burger Grill
pecinta flame grilled burger dapat...
- Comic Cafe
Antusias dengan Comic USA??...
- Ketoprak mas Syahib
Walaupun tempatnya pinggir jalan, tapi ketoprak ini...

sehabis itu, kita bisa memilih salah satu atau lebih pilihan yg ada, kemudian kita akan dikirimi alamat BESERTA peta seperti GPS untuk mencapai lokasi dari tempat kita berada saat ini.

Tentunya harus dengan dukungan sistem GPS, tapi kalaupun tidak bisa dikembangkan sampai kesana, bisa juga dengan bentuk SMS berupa alamat lokasi restoran atau warung tersebut.

Dalam pengembangan nya, gw berpikir konsep ini dapat dikembangkan dalam bentuk kerjasama dengan para pemilik restoran, warung, cafe, atau penyedia makanan lain, untuk memberikan pengembang jasa ini sedikit biaya sponsor dan kemudian kita bikinkan review mereka dan dimasuk kan kedalam list yg akan dikirimkan kepada para pelanggan jasa ini. Bisa jg nantinya bekerjasama dengan para reviewer makanan terkenal speerti Pak Bondan untuk memberikan review dan penilaian. Mak Nyusssss.... toh?

Secara lebih jangka panjang lagi, gw sih berpikir jasa ini dikembangkan keluar daerah!!
jadi misalkan kita sedang dinas keluar kota dan berada di Solo, bukan orang Solo, gak punya kenalan, tp pengen makan enak, dengan mengikuti jasa ini kita jadi seperti orang Solo saja yg mengetahui dengan jelas mau makan enak dimana, heheheh...

gmn guys? cukup menarik gak konsepnya??

Andaikan ada yg mau sponsorin ide ini...

1 comments:

markpe said...

Ide bagus... ayo dibisnisin... hehehe.