Wednesday, September 2, 2009

JavaApplets, could it be a potential security threat??

Hiya guys!!
kembali lagi bersama gw,kali ini dengan topik bahasan yang lebih serius dan akademis, hehe...

baru-baru ini, gw mendapat pertanyaan: "yang namanya Java Applet itu aman gak sih? bisa masuk virus dari situ tidak?"

that makes me think, benar juga ya,apalagi dengan semakin banyak nya web dengan konten yang di dominasi oleh Java Applet, serem juga... Jadi akhirnya gw melakukan sedikit penelitian akan pertanyaan itu.

Studi literaturnya, disadur dari buku Electronic Commerce 7th Annual Edition by Gerry Schneider dan E-Business and E-Commerce Management 3rd Edition by Dave Chaffey serta beberapa artikel dengan source terpercaya hasil googling, ditarik kesimpulan sebagai berikut...

Java Applet itu merupakan suatu applet menggunakan bahasa pemrograman Java yang digunakan untuk menampilkan active content. Sedangkan, Applet sendiri ialah suatu aplikasi kecil yang diciptakan untuk melakukan suatu fungsi spesifik.

Pada saat kita membuka suatu website yang memiliki Java Applet, secara otomatis applet tersebut akan dikirim bersamaan dengan web page yang kita buka itu. Masalahnya, terdapat dua jenis applet, yang visible alias terlihat, dan yang invisible atau tidak dapat kita lihat
Yang kedua ini berbahaya, bisa saja ada suatu virus,worm atau program perusak lain yang ikut terkirim dan kita tidak menyadari.
Terlebih lagi, setelah selesai di download ke dalam komputer kita, applet tersebut akan berjalan secara otomatis. Semakin membahayakan kalau program itu merupakan program perusak.

Selain itu, kelebihan sekaligus kelemahan utama applet berbasis Java ini, dapat dibuka dalam setiap operating system yang ada, dalam kata lain platform independent.
Sehingga dapat dibuka baik di dalam operating system berbasis Windows, Unix, Linux maupun Macintosh. Jadi jika ada suatu program perusak yang mendompleng,dapat menyerang hampir semua operating system tersebut.

Namun tidak usah khawatir, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, selain dengan menggunakan anti virus mutakhir yang selalu di update,
terdapat juga system yang dapat mencegah kerusakan, yaitu system bernama Java Sandbox.

Applet-applet berbasis Java tersebut akan dijalankan dalam suatu sandbox oleh web browser guna menghindari applet tersebut mengakss data-data lokal. Sistem keamanan sandbox akan membuat beebrapa peraturan model keamanan. Dimana sandbox akan membedakan mana yang masuk kategori Untrusted Java Applets dan mana yang merupakan Trusted Java Applets.
Applets yang berada dalam sandbox tidak dapat melakukan input serta output file, ataupun melakukan penghapusan.

yaah, tidak perlu paranoid akibat ulasan bahaya yang mungkin terjadi, selama kita memiliki anti virus yang rajin di update dan memiliki system sandbox dalam web broeser kita. Lagipula Java Applets sendiri merupakan suatu program yang sangat berguna dan menarik menurut saya pribadi.

Sebagai contoh, saya telah memilih beberapa situs yang memasang system JAva Applets,yang tentunya aman dan berfungsi sebagai media pendidikan dan sumber pengetahuan,


thanks and enjoy using the Java Applets!! ^^

Sorting Algorithms
para teman-teman yang berasal dari dunia IT pasti lumayan terhibur melihat fungsi Java Apllets yang ada dalam web ini.

Arcytech Educational Java Programs
membuat tampilan situs serta belajar menjadi menarik.

Semiconductor Applet Service
belajar science dengan visualisasi,sesuatu yang ribet, dibuat menjadi menarik,heheh.

0 comments: