Tuesday, September 1, 2009

Low-Cost Hosting in Indonesia, which to choose?



hiya guys, mau kembali sharing lagi nih disini...

belakangan gw lagi mikir untuk mempergunakan jasa web hosting lokal untuk support beberapa website hobby gw, sayang udah bikin capek-capek tapi hosting nya masih nebeng di Multiply dan Blogspot, heheh...
Apalagi denger-denger harga web hosting sekarang udah semakin murah bgt!! bahkan ada yg biaya nya bisa dibilang hampir gratis! murah bgt!! perbulan nya cuman seribu perak!

Tapi, sebelum memutuskan untuk memilih, gw sempat discuss dan menanyakan beberapa teman dekat yang memang sudah punya pengalaman cukup lama di dunia IT, khususnya sih internet marketing dan cara-cara mencari uang lain lewat internet.

Mereka bilang, dari pengalaman, murah berarti ada yang dikorbankan... jadi yang pertama gw tanyakan, kira-kira apa saja sih kelemahan webhosting yang murah-murah?
jawaban nya variatif bgt, tapi rata-rata menuju pada beberapa point utama yang sama, atara lain:
1. Lemot!! yang bahasa baku Indonesia nya adalah lambat, heheh.
Menurut mereka, web hosting yang terlalu murah pasti kekurangan nya lambat sekali untuk load web kita, kasian pengunjungnya kan?

2. Suka over traffic, gw sendiri kurang mengerti detail soal ini, tapi kesimpulan dari gw, pada saat traffic pengunjung website kita meningkat,maka host tidak bisa menampung sehingga menyebabkan over bandwitch yang bisa menyebabkan situs menjadi down.

3. Masalah-masaah teknis yang IT banget, gw kurang mengerti, tapi beberapa yg berhasil gw mengerti misalnya gini, kalau servernya berada di Jakarta, Indonesia dan target audience kita di negara lain, katakanlah USA, maka kita harus pindah server yang USA lagi... mungkin untuk menjaga stabilitas dan kecepatan hosting.

4. Technical Support dari pihak penyedia web hosting. Ini point paling penting menurut gw, terutama karena gw kurang mengerti secara detail tehnikal dunia IT... Kalau dari pengalaman mereka, semakin murah suatu web hosting, maka technical supportnya juga agak bermaslaah.. kurang membantu lah...

5. Customer Service Support, ini yang paling banyak disebut-sebut saya kesemua teman saya itu. Apalagi dunia web hosting seringkali mengalami gangguan, baik tehnik maupun dari pihak mereka,maka kita harus dapat menghubungi mereka secara 24 jam. Pada hosting-hosting mruah tertentu, dari pengalaman teman-teman saya, menurut mereka kadang para customer servicenya susah sekali dihibungi... ada YM, tapi tidak pernah aktif, telpon SMS juga tidak dibalas, dll.


wah, ternyata tidak mudah juga ya memilih web hosting yang murah tapi berkwalitas...
selama berpikir-pikir untuk jadi atau tidaknya menggunakan asa webhosting lokal, gw sempet melakukan browsing informasi dan menemukan beberapa penyedia jasa web hosting lokal yang tampaknya sih, cukup menjanjikan, beberapanya..

Rumah Web
Mereka membagi jasa yang disediakan menjadi 3 kategori utama, yaitu Personal, Professional dan Enterprise.
Untuk Personal Hosting, dibagi lagi menjadi 5 pilihan sesuai kapasitas space yang disediakan, wah...harga dihitung per 6 bulan mulai dari Rp 10,000 loh!! tapi ada biaya awal pemasangan standard Rp 50,000. Menariknya lagi, ada opsi free trial selama 2 minggu loh!!

IndoRachHosting
Sama dengan Rumah Web,mereka menawarkan jasa dalam 3 kategori utama, Personal, Professional dan Enterprise. Perusahaan yang bermarkas di Yogyakarta ini menawarkan 3 paket untuk jasa Hosting Personal mereka, yang diberi nama P-10, P-25 dan P-50 sesuai kapasitas space yang disediakan. Harga per 6 bulan, mulai dari Rp 10,000 untuk P-10!! woah!
Point yang perlu diperhatikan adalah, mereka membatasi piliha lokasi server US Only.

IDwebhost
Tampaknya ini merupakan salah satu web hosting Indonesia yang paling terkenal deh, karena dari teman-temanyang gw tanya tadi itu, mereka semua menyebutkan hosting ini dan merekomendasikan nya...
Pilihan paket lebih banyak,ada 7 paket terbagi berdasarkan kuota space yang ditawarkan, mulai dari 10 Mb hingga 2 Gb. Harga nya yang sempat membuat gw tercengang, harga mulai dari Rp 1,000 per bulan!! Makin banyak mencari, semakin murah saja yang ditemukan.
point yang perlu diperhatikan,mereka menerapkan sistem kontrak minimum, dalam hitungan bulan.

Semakin banyak pilihan,semakin banyak hal-hal yang perlu dipertimbangkan...
Any suggestion guys? mohon masukan nya dunks...bingung sekali nih,ada rekomendasi tidak?

0 comments: